Skip to main content

Nasi Kotak Jogja : Bawa dia ke Fenugreek

Bawa dia ke Fenugreek

Tidak peduli seberapa sukses Anda di dapur, Anda selalu belajar sesuatu ketika Anda memasak dengan orang lain - setidaknya saya selalu punya. Tetapi perlu diingat bahwa apa yang Anda pelajari mungkin sesuatu yang berbeda dari apa yang Anda pikirkan.

Saya pertama kali bertemu Chef Abdul Jalil di restoran London Sitaaray, yang merupakan semacam harta karun bertema Bollywood di Drury Lane. Ketika saya tahu dia berasal dari Lucknow - sebuah kota kosmopolitan di India utara yang terkenal akan masakannya - saya segera mulai bertanya kepadanya (melalui juru bahasa) apakah dia bisa mengajari saya cara membuat sepasang hidangan yang saya ingin tahu lebih dari sekadar ingin tahu. sebuah dekade. Salah satunya adalah sheermal, sebuah flatbread semi-saffron, beraroma yang ada beberapa jenis yang ditemukan di seluruh Asia selatan; yang lain adalah galouti kebab, di mana daging (biasanya kambing, kadang-kadang domba atau - untuk Muslim atau Hindu yang tidak patuh) dicincang sedemikian halus sehingga kelembutannya tak tertandingi. Kebab juga disebut galawat, yang berarti "terlalu empuk." Hidangan itu, katanya, berasal dari para nawab dari Lucknow, yang kehilangan gigi tetapi tidak memiliki keinginan untuk makan daging.

Saya kenal dengan sheermal - saya menyukainya - dan saya tahu itu tidak mudah dibuat. Tetapi setelah melalui satu setengah jam kerja fisik on-dan-off dengan Jalil, beberapa di antaranya benar-benar cukup berat - kunci untuk sheermal yang baik secara perlahan dan sabar bekerja dalam jumlah besar ghee (mentega yang diklarifikasi) atau minyak ke dalam sudah adonan basah - Saya bertanya-tanya apakah saya pernah menyiapkannya sendiri.

Beberapa bulan kemudian, setelah sejumlah upaya yang gagal dalam menyederhanakan sheermal dengan membuatnya dalam food processor (saya bisa membuatnya, tetapi saya tidak bisa membuatnya menjadi baik), saya kembali ke Paman, ketika orang-orang muda restoran merujuk pada Jalil, untuk pelajaran lain. Lupakan: sheermal adalah hidangan yang akan saya nikmati pada saat-saat ketika orang lain membuatkannya untuk saya.

Adapun galab kebab: ternyata saya tidak pernah makan yang dibuat dengan benar, dan pendapat saya tentang persiapan terkenal ini adalah bahwa saya akan menunggu sampai kehilangan gigi sebelum mencoba lagi. Sampai saat itu, itu terlalu lunak.

Namun, ada banyak manfaat tak terduga dalam memasak bersama Jalil dan rekannya Rishi Anand, seorang koki Punjabi berusia 25 tahun yang belajar bersamanya; mereka kebetulan bukan dari Lucknow. Kami memasak tiga hidangan ayam yang fantastis, termasuk versi unggul dari apa yang biasanya disebut oleh orang Barat sebagai ayam tandoori (yang konyol, karena apa pun yang dimasak di tandoor - oven tanah liat yang sangat panas - tentu tandoori), yang disebut dengan ayam tikak chakundari. Saya juga dihadapkan pada fritter jagung manis (seperti banyak hal lain di dapur Jalil, itu disebut kebab), yang, dengan senang hati saya katakan, mudah diduplikasi dan tak tertandingi. Dan saya menemukan sekitar setengah lusin hidangan daging yang saya sukai dari galouti kebab, termasuk daging sapi kerala yang asam dan pedas.

Hampir tidak mungkin untuk menulis tentang hidangan dari India tanpa serangkaian permintaan maaf atas jumlah dan sifat esoterik bahannya. Memang benar bahwa Anda tidak akan menemukan daun fenugreek atau asafetida di terlalu banyak supermarket. Sama benarnya bahwa apa yang biasa saya sebut sebagai penggorengan jagung bernama methi makai kebab, dan "methi" berarti "fenugreek," jadi Anda akan membuat kesalahan untuk meninggalkannya. Menghilangkan asafetida - salah satu rasa paling khas di dunia - juga akan mengubah karakter hidangan menjadi lebih buruk. Jadi, lakukan perjalanan belanja khusus dan temukan bahan-bahan ini, yang dijual di hampir setiap pasar yang melayani masyarakat Asia Selatan.

Makan
Kolumnis kami, Gabrielle Hamilton, Samin Nosrat, Tejal Rao, dan Sam Sifton menulis tentang resep yang harus dimasak oleh pembaca sekarang.

Mengenai jumlah rempah-rempah: mereka hanya rempah-rempah; Anda melemparnya. Bersyukurlah Anda tidak membuat sheermal, yang bahan utamanya adalah minyak siku.

Tautan : Nasi Kotak Jogja

Comments

Popular posts from this blog

Paket Wisata di NGALA TENDED CAMP Afrika

NGALA TENDED CAMP Cagar Alam Pribadi Timbavati, Greater Kruger, Afrika Selatan SEKILAS Lodge kolam renang dan tempat berjemur yang menghadap ke saluran drainase kering - sering dikunjungi oleh gajah dan kerbau Nikmati tidur siang di dek pribadi Anda dengan suara semak Lihat permainan luar biasa dari pondok Berkemah di kemewahan yang nyata di tenda-tenda yang indah ini Anda bisa lihat daftar harga sewa bus  Nikmati makan malam semak dengan cahaya lilin Halaman lentera yang unik, boma, dan Toko Safari Drive game yang luar biasa dan safari berjalan dengan panduan berpengetahuan wisata Ngala Tented Camp adalah kamp safari yang intim dan mewah dengan pemandangan dasar sungai Timbavati. Dengan hanya sembilan kamar, pondok ini dikenal secara internasional untuk akomodasi tenda canggih di lingkungan semak Afrika yang tenang. Ngala Tented Camp terletak di 14.700 hektar Cagar Alam Ngala Game yang eksklusif, yang terhubung dengan Taman Nasional Kruger yang kaya permain

Sewa Bus Pariwisata : Kekurangan waktu? Pergilah ke Jepang

Kekurangan waktu? Pergilah ke Jepang Dalam hari dan zaman di mana waktu adalah uang, menemukan periode waktu yang lama untuk mengunjungi tempat-tempat yang jauh semakin sulit. Namun, kami punya kabar baik untuk Anda - perjalanan 7 malam ke Asia sangat mungkin dilakukan. Untuk tamu-tamu kami yang berbasis di AS, jarang sekali kami dapat merekomendasikan perjalanan luar biasa ke Asia untuk waktu yang singkat ini, tetapi Jepang adalah pilihan yang bagus. Inilah Asia Travel Expert, rencana perjalanan Louise yang sempurna bagi mereka yang ingin memanfaatkan liburan panjang selama seminggu. Fushimi Inari Shrine, TokyoFushimi Inari Shrine, Tokyo Kuil Kinkaku-ji, KyotoKinkaku Kinkaku-ji, Kyoto Ada beberapa faktor yang membuat Jepang pilihan yang layak, seperti kedekatannya dengan Amerika Serikat. Jepang adalah negara Asia pertama yang Anda jangkau ketika melintasi Pasifik. Dari pantai barat, Tokyo adalah penerbangan 9-10 jam (lebih dekat dari London!) Sehingga ada jauh lebih sedikit wakt